properti
Informasi

10 Keuntungan Investasi Properti bagi Pengusaha

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang cukup banyak dilakukan orang saat ini dibandingkan jenis investasi lainnya. Alasannya tentu saja karena tingginya keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis investasi ini dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Namun ada satu hal yang membuat tidak semua orang bisa melakukan jenis investasi ini yaitu karena modal yang dibutuhkan untuk melakukan investasi tersebut memang tidak sedikit.

Tetapi hal tersebut wajar karena keuntungan tinggi juga berbanding lurus dengan modal besar yang harus dikeluarkan untuk melakukan investasi. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jenis investasi ini jika tertarik untuk melakukannya.

Kelebihan Investasi pada Properti

  1. Resiko kecil

Mungkin Anda takut untuk mengeluarkan modal yang cukup besar untuk melakukan jenis investasi ini. Namun tidak perlu khawatir karena ternyata resiko yang harus dihadapi cukup kecil karena nilai properti pergerakannya cukup stabil.

  1. Bertumbuh

Properti yang dibeli untuk investasi dapat semakin tumbuh nilainya menjadi jauh lebih besar dibandingkan saat pertama kali Anda membelinya. Contohnya saat Anda membangun rumah di tanah yang dulunya kosong saat Anda pertama kali membelinya sehingga nilainya akan bertumbuh menjadi jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

  1. Nilainya meningkat

Kelebihan berinvestasi di bidang properti adalah nilainya yang akan meningkat setiap tahunnya. Bahkan bagi Anda yang menyewakan properti tersebut, maka nilai sewanya juga akan terus meningkat setiap tahunnya.

  1. Jaminan

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi lainnya pada saat bersamaan, maka property yang pertama kali dibeli tersebut dapat dijadikan sebagai jaminan ke bank sehingga bisa mendapatkan jaminan. Dengan demikian Anda akan mendapatkan modal baru untuk melakukan investasi atau usaha lainnya.

  1. Jangka panjang

Setiap investasi pasti memiliki jangka waktunya masing-masing. Jika investasi lainnya seperti emas maupun deposito memiliki jangka yang cukup pendek, maka investasi ini memiliki jangka yang cukup panjang.

  1. Fisik

Investasi lainnya seperti saham, emas maupun deposito tidak akan terlihat fisiknya, namun jenis investasi ini Anda dapat melihat fisiknya. Hal ini penting bagi sebagian orang yang ingin mendapat kepastian saat melakukan investasi.

  1. Pendapatan pasif

Jika Anda ingin melakukan investasi untuk mendapatkan pendapatan tambahan atau bahkan pendapatan yang tetap maka investasi inilah jawabannya. Anda dapat menyewakan properti yang dibeli tersebut sehingga keuntungan akan didapatkan dalam bentuk uang sewa. Karena itulah jenis investasi ini juga baik bagi Anda yang ingin memiliki pendapatan pasif tanpa harus bekerja ataupun melakukan hal lainnya.

  1. Terlindung dari inflasi

Jika jenis investasi lainnya mendapatkan resiko dari inflasi karena nilai mata uang yang berubah-ubah. Namun investasi property ini berbeda karena nilainya tidak bergantung dengan nilai mata uang. Dengan demikian investasi Anda akan terlindung dari inflasi.

  1. Stabil

Jenis investasi lainnya terutama investasi saham nilainya dapat berubah-ubah dengan tajam sesuai dengan keadaan ekonomi di suatu negara. Namun nilai investasi properti ini berbeda karena nilainya yang stabil. Dengan demikian Anda dapat merasa lebih aman saat melakukan investasi ini.

  1. Kebanggaan

Karena Anda dapat melihat bentuk property tersebut secara fisik, maka Anda dapat membanggakan investasi tersebut kepada orang lain. Terlebih jika Anda cukup dikenal di masyarakat tentunya hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi properti. Karena investasi ini memang memiliki keuntungan yang cukup banyak, mungkin Anda jadi tertarik untuk melakukannya.